Senin, 02 Juli 2012

Kawa Daun


Minum kawan daun,
agak sedikit asing memang. mungkin kita jarang  mendengar kata kata itu, pasti kita bertanya tanya apa sich kawa daun??
kawa daun adalah minum khas orang minang
sebagai penggati kopi, kawa daun adalah sebuah minuman yang terbuat dari daun kopi lokal. daun kopi tersebut di olah, kemudian baru di rebus dengan air. mungkin kita heran mengapa sampai daun kopi yang di jadikan bahanya, tidak buahnya saja? itu di sebapkan pada masa zaman penjajahan dahulu rakyak di paksa untuk menyerahkan segala hasi panen kopi tanpa tersisa.Oleh karna itu orang minang mencari akal supaya tetap bisa minum kopi, karna minum kopi adalah satu kebanggaan, maka terpikirlah untuk membuat kawa daun ( daun kopi )
nah saad zaman merdeka dan moderen ini, kawa daun masih saja tetap bisa nikmati, walau berbgai macam kopi telah di jual bebas. Kawa daun ini masih tetap ada, di karnakan memiliki citarasa yang berbeda, rasanya yang khas membuat orang tak ingin melupankanya.
untuk mencari kawa daun tidak lah sulit, seperti di pondok kawa daun yang berda di jln bukit tinggi batu sangkar, di sini banyak pondok pondok yang menyajikan kawa daun.
di pondok tersebut kita bisa menikmati kawa daun dengan santai sambil di temani gorengan. Ada yang unik dalam penyajian kawa daun ini karna tidak menggunakan gelas melainkan menggunakan batok kelapa atau bahasa minangnya (tampuruaang karambia ) ini menibulkan kesan clasik.
Bagai mana tertarik ingin mencobanya??

Tidak ada komentar: