Jumat, 21 September 2012

Sejarah Batu batikam


 


Kota batu sangkar adalah kota yang banyak menyimpan sejarah terutama bagi orang minang karna banyak peningalan sejarah di sini. Kota yang  terletak di provinsi sumatera barat ini memiliki banyak tempat tempat bersejarah, salah satunya adalah batu batiakam.
Batu batikam adalah sebuah batu yang di tusuk menggunakan keris oleh datuak parapatiah nan sabatang dan datuak katumanggungan. Mengapa batu ini di tikam oleh kedua datuak tersebut.
konon ceritanya dua bersaudara satu ibu lain bapak ini bertengkar masalah kepemimpinan, datuak parapatiah nan sabatang mengiginkan masyarakat di atur dalam tatanan yang demokratis duduk sama rendah tegak sama tinggi. Semetra datuak katumanggungan memiliki cara kepemimpinan yang berbeda beliau lebih memlih mempin warganya dengan cara hirarkhi, berjenjang sama naik bertangga sama turun, karna perbedaan pendapat tersebut mereka bertengkar
Untuk menghidari pertikaian dan tidak saling melukai , datuak parapatiah nan sabatang dan datuak katumanggungan menikam sebuah batu besar untuk melampiaskan kemarahannya, oleh karna itu batu batikam memiliki sebuah lubang menembus dari arah depan dan belakang.
Dapat di simpulakan tidak selamanya pertengkaran itu harus berbaku hatam dan saling melukai satu sama laiinya.

Tidak ada komentar: